RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : MI NURUL HUDA
TEMA :
KERAJINAN TANGAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
B. KOMPETENSI
DASAR
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan pecahan
§ Siswa dapat menulis kalimat
matematikanya
§ Siswa dapat menentukan sudut dari benda/
bangun
§ Siswa dapat menjelaskan sudut sebagai
daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Siswa dapat mengurutkan besar sudut
menurut ukuran
§ Siswa dapat membuat jenis sudut lancip,
siku-siku dan tumpul
|
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
III.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Membahas
pengertian pecahan 1/2. 1/3. 1/4 dan 1/6 dari kegiatan sehari-hari
F
Menguji
keterampilan siswa mewarnai gambar sesuai dengan pecahan yang diminta
F Siswa menentukan nilai pecahan dari gambar yang diwarnainya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Menjelaskan
tentang pembilang dan penyebut suatu pecahan
F Mencari tahu pembilang dan penyebut suatu pecahan yang disajikan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
F Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan
pecahan
Minggu II
§
Pertemuan I : 6 x 35 menit Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Bertanya
jawab tentang benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan sudut
F Menyelesaikan soal-soal yang menentukan jumlah
sudut dengan sajian gambar benda-benda dalam kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Bersama
teman sebangku, siswa mendefinisikan pengertian sudut dari kegiatan menghimpitkan lidi sama panjang pada kedua
ujungnya.
F Siswa menyimpulkan dari hasil kegiatan tersebut
§
Pertemuan
III : 6 x 35 menit Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Guru mengarahkan siswa menunjukkan satu gerakan tubuh
yang menunjukkan sudut
F
Siswa
mendemonstrasikan gerakan tersebut di depan kelas
F Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan sudut
Minggu III
§
Pertemuan
I : 6 x 35 menit Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F Guru mengarahkan siswa membuat sudut
siku-siku dari selembar kertas
F Disajikan gambar sudut, siswa diminta untuk mengurutkan besar sudut tersebut menurut
ukurannya
§
Pertemuan
II : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Dengan
menggunakan kertas terlipat siku-siku, siswa membedakan sudut siku-siku, sudut
tumpul dan sudut lancip
F Siswa berdiskusi tentang definisi sudut tumpul dan
sudut lancip berdasarkan kertas lipat yang telah dibuat
§
Pertemuan
III : 6 x 35 menit
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Matematika
F
Guru menguji kemampuan siswa menentukan jenis sudut
menggunakan kertas terlipat siku-siku
F Siswa menghitung banyaknya sudut menurut jenisnya dari suatu
bangun
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F
Guru memeriksa
dan membahas pekerjaan siswa
F
Guru dan
siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku
Matematika
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
rumah adat
2 . Tabel
perbelanjaan
3. Bangun
datar
4. Busur
derajat
V. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
Matematika :
§ Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Menulis kalimat matematikanya
§ Menentukan sudut dari benda/ bangun
§ Menjelaskan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§ Membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
Matematika :
§ Selesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Tuliskanlah kalimat matematikanya
§ Tentukan sudut dari benda/ bangun
§ Jelaskanlah sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Urutkan besar sudut menurut ukuran
§ Buatkanlah jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
· LKS
· Lmbar observasi.
|
|
VI. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala NURUL HUDA
( .Ma )
NIP:19650208 200501 1 005
|
|
Batu Nangkop,................... 2012
Guru Tematik Kelas III
( BAYTI )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar