RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Mendengarkan (1.) Memahami siaran
atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi Dasar :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media
elektronik (berita dan nonberita)
Indikator :
1)
Menuliskan isi siaran
radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah
dipahami.
2)
Menyampaikan secara lisan isi
berita yang telah ditulis secara runtut
dan jelas
3)
Mengajukan pertanyaan/
tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan
pendapat)
I.
Tujuan Pembalajaran
Siswa dapat menuliskan kembali isi siaran radio / televisi.
Siswa dapat menyampaikan kembali secara lisan isi berita yang telah
ditulis.
Siswa dapat mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan berita
yang di dengar.
II. Materi Ajar
Banjir Lumpur PT Lapindo
Bencana alam gempa dan tsunami.
III. Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Do’a
·
Presensi
·
Apresepsi
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan tentang
terjadinya bencana alam
·
Guru mengadakan Tanya jawab
tentang terjadinya bencana alam
·
Guru membimbing siswa
sebagaimana cara menanggulangi bencana alam.
·
Siswa mampu / mengetahui
tentang bencana alam.
·
Guru memberikan ulasan tentang
bencana alam.
C.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan bahwa terjadinya bencana alam akibat ulah manusia
Siswa dapat memberi contoh atau gambaran tentang bencana alam.
Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam.
V. Alat/Sumber Pembelajaran
Radio, Tape,
Televisi, atau rekaman.
VI. Penilaian
Jenis Tagihan:
tugas
individu
tugas
kelompok
ulangan
Bentuk Instrumen:
performansi
format pengamatan
uraian
bebas
pilihan
ganda
isian
singkat
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan
berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar :
2.1 Memperkenal-kan diri
dan orang lain di dalam forum resmi dengan
intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita,
artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan
pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Indikator :
1)
Mengucapkan
kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan
lancar dan intonasi yang tidak monoton
2) Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
3) Menanggapi kekurangan yang terdapat pada
pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
4) Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang
pas
5) Mencatat masalah dari berbagai sumber
6) Menanggapi masalah dalam berita, artikel,
dan buku
7) Mengajukan saran dan pemecahan masalah
terhadap masalah yang disampaikan
8) Mendaftar kata-kata sulit dalam teks
bacaan membahas maknanya
9) Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang
lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang
tepat
10)
Menanggapi pengalaman pribadi
yang disampaikan teman
I.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa
dapt mengucapkan kalimat perkenalan dengan lancar
2. Siswa dapt menggunakan diksi yang tepat
3. Siswa dapat menanggapi kekurangan yang terdapat
pada pengucapan kalimat.
4. Siswa dapat memperbaiki pengucapan kalimat
yang kurang pas
5. Siswa dapt mencatat masalah dari berbagai
sumber bacaan
6. Siswa dapat menanggapi masalah dalam sumber
bacaan.
7. Siswa dapat mengajukan saran dan pemecahan
masalah
8. Siswa dapat mendaftar kata-kata sulit
9. Siswa dapat menyampaikan secara lisan pengalaman
pribadi.
10.
Siswa dapat menanggapi
pengalaman pribadi yang disampaikan teman
II.
Materi Ajar
1)
Dialog berisi kalimat
perkenalan di dalam forum resmi.
2)
Teks bacaan.
3)
Teks berupa dialog mengenai
pengalaman pribadi.
III.
Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Tanya jawab
·
Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal
·
Mengucapkan salam
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
kalimat perkenalan dalam forum resmi.
·
Apresepsi
B.
Kegiatan Inti
Guru menyuruh beberapa siswa untuk memerankan dialog yang berisi
kalimat perkenalan di dalam forum resmi.
Guru menjelaskan hal-hal yang harus diungkapkan dalam perkenalan di
situasi resmi.
Guru menyuruh siswa (kelompok) membuat diaolog dalam situasi resmi.
C.
Kegiatan Akhir
Siswa mampu membedakan kata-kata yang digunakan di dalam situasi
resmi dan tidak dalam situasi resmi.
Siswa mampu melakukan perkenalan dalam situasi resmi.
Pertemuan ke 2
A. Kegiatan Awal
·
Mengucapkan
salam
·
Apresepsi
·
Menyiapkan bahan ajar teks
bacaan dan teks mengenai pengalaman pribadi.
B. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan mengenai teks yang ada.
Guru mentgadakan Tanya jawab
mengenai masalah-masalah yang terdapat teks bacaan.
Siswa mampu menanggapi masalah-masalah yang terdapat teks bacaan.
Siswa mampu mengungkap pengalaman paribadinya masing-masing.
C. Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan tentang pokok-pokok yang terdapat dalam teks.
Siswa dapat mengungkapkan masalah yang terdapat dalam teks dan
pengalaman pribadinya masing-masing.
Guru mengakhiri dan mengucap salam.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
·
Buku teks yang terkait
·
Media cetak
·
Tuturan langsung
·
Media masa (Koran, majalah)
·
Buku cerita lucu
·
Pengalaman langsung.
VI.
Penilaian
Tugas kelompok
Tugas individu
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompetensi Dasar :
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks
nonsastra dengan teknik membaca cepat
(250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca
ekstensif
Indikator :
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250
kata/menit
Menemukan ide pokok
paragraf dalam teks
Membuat ringkasan isi teks
dalam beberapa kalimat yang runtut
Mengidentifikasi ide
pokok tiap paragraf
Membaca kembali ringkasan isi
bacaan.
Mengidentifikasi fakta dan
pendapat
I.
Tujuan Pembalajaran
1)
Siswa
dapat membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
2)
Siswa dapat menemukan ide pokok
paragraf dalam teks
3)
Siswa
dapat membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
4)
Siswa dapat mengidentifikasi
ide pokok tiap paragraf
5)
Siswa
dapat membaca kembali ringkasan isi bacaan.
6)
Siswa dapat mengidentifikasi fakta dan pendapat
II.
Materi Ajar
Membaca bacaan yang berjudul ”Perlunya
Hijau dan Lubang Tipuan”.
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Presensi siswa
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
sebuah wacana.
B. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan bagaimana cara membaca cepat sebuah teks.
C. Kegiatan Akhir
Siswa mampu membaca cepat teks bacaan
dan mengidentifikasi ide pokok peragraf.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Buku Penunjang
VI.
Penilaian
Tugas individu
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai
bentuk
paragraf (naratif, deskriptif,
ekspositif)
Kompetensi Dasar :
4.1 Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis dan
sistematis dalam bentuk ragam paragraf
ekspositif
Indikator :
Mendaftar topik-topik yang dapat
dikembangkan menjadi paragraf naratif
Menyusun kerangka paragraf naratif
berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
Mengembangkan kerangka yang telah
dibuat menjadi paragraf naratif
Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu,
peristiwa, dan EYD
Menggunakan kata penghubung dalam paragraf naratif
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil
pengamatan
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan kerangka yang telah
disusun menjadi paragraf deskriptif
Menyunting paragraf deskriptif
yang ditulis teman
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan
menjadi paragraf ekspositif
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun
menjadi paragraf ekspositif
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam
paragraf ekspositif
Menyunting paragraf ekspositif
yang ditulis teman
I.
Tujuan Pembalajaran
1)
Siswa dapat mendaftar topik-
topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif berdasarkan hasil pengamatan
2)
Siswa dapat menyusun kerangka paragraf naratif, deskriptif
dan ekspositif
3)
Siswa dapat mengembangkan kerangka yang telah disusun
menjadi paragraf naratif, deskriptif dan
ekspositif.
4)
Siswa
dapat menyunting
paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif yang ditulis
teman
5)
Siswa
dapat menggunakan kata penghubung dalam paragraf naratif, deskriptif dan
ekspositif.
II.
Materi Ajar
·
Contoh
paragraf naratif
·
Contoh
paragraf deskriptif
·
Contoh
paragraf ekspasitif
·
Pola
pengembangan paragraf narasi, deskriptif dan ekspositif (urutan waktu)
·
Penggunaan
kata penghubng dalam paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan
Tanya jawab
Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
contoh karangan naratif, deskriptif dan ekspositif.
B. Kegiatan Inti
·
Guru menugasi seorang siswa
untuk membacakan contoh paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
·
Guru menjelaskan apa yang
dimaksud dengan karangan naratif, dekritif dan ekspositif.
·
Guru menugasi siswa membuat
paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
C. Kegiatan Akhir
Siswa mampu mendaftar paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
Siswa mampu membuat paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
Siswa mampu menyunting paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
·
Argumentasi dan narasi oleh
Gorys keraf
·
Eksposisi dan deskripsi oleh
Gorys Keraf
·
Buku yang terkait dengan materi
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
Tugas
Individu
Praktik
Ulangan.
Bentuk
instrumen:
Uraian
bebas
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi
: Mendengarkan
Memahami puisi yang
disampaikan secara langsung/ tidak langsung
Kompetensi Dasar :
§ Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi
yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
§ Mengungkapkan isi suatu puisi yang
disampaikan secara langsung ataupun
melalui rekaman
Indikator :
o
Mengidentifikasi (majas, rima,
kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
o
Menanggapi unsur-unsur puisi
yang ditemukan
o
Menyebutkan tema puisi yang didengar
o
Menyebutkan jenis puisi yang
didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
o
Menjelaskan maksud puisi
o
Mengungkapkan
isi puisi dengan kata-kata sendiri
I.
Tujuan Pembalajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan
bermakna lambang)
§ Siswa dapat mengetahui tema puisi yang didengar
§ Siswa dapat menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi,
roman, ode, himne, satire, dll.)
§ Siswa dapat menjelaskan maksud puisi
§ Siswa dapat mengungkapkan isi puisi dengan
kata-kata sendiri
II.
Materi Ajar
1. Rekaman
puisi
·
majas,
·
irama
·
kata-kata konotasi
·
Kata-kata bermakna lambing
2. Rekaman puisi yang berjenis
tertentu atau yang dibacakan
Jenis puisi
Tema
Maksud puisi
III.
Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Tanya jawab
·
Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
·
Mengucap salam.
·
Menyiapkan bahan ajar yang
berupa rekaman puisi tertentu
B. Kegiatan Inti
·
Guru memperdengarkan puisi yang
telah dipersiapkan.
·
Guru menugasi salah seorang
siswa untuk membacakan puisi tertentu.
C. Kegiatan Akhir
Guru mengungkapkan maksud puisi dengan kata-kata sendiri
Siswa menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Rekaman puisi
Puisi yang dibacakan.
VI.
Penilaian
Tugas
kelompok
Laporan
Bentuk
instrument
Uraian bebas
Pilihan ganda.
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonsia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi
: Berbicara
6. Membahas cerita pendek
melalui kegiatan diskusi
Kompetensi Dasar :
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui
kegiatan diskusi
6.2
Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Indikator :
§ Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca
dengan kata-kata sendiri
§ Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau
mengesankan
§ Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema,
penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
§ Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
§ Membandingkan nilai-nilai yang terdapat
dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
§ Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat
dalam cerpen
I.
Tujuan Pembalajaran
1) Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pendek
yang dibaca dengan kata-kata sendiri
2) Siswa dapat mengungkapkan hal-hal yang
menarik atau mengesankan
3) Siswa dapat menemukan nilai-nilai dalam
cerpen
4) Siswa dapat membandingkan nilai-nilai yang
terdapat dalam cerpen
II.
Materi Ajar
Naskah cerita
pendek
·
Isi cerpen
·
Hal yang menarik
·
Unsur-unsur intrinsik
·
Nilai budaya, moral, agama, politik
III.
Metode Pembelajaran
·
Penugasan
·
Ceramah
·
Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
naskah cerita pendek.
B. Kegiatan Inti
Guru membacakan naskah cerita pendek
Guru menjelaskan isi cerpen
Guru menjelaskan hal-hal menarik, unsur intrinsik cerpen
Guru menjelaskan nilai moral, Agama, politik cerpen.
C. Kegiatan Akhir
Siswa menceritakan kembali isi cerpen yang di baca kata-kata sendiri
Siswa mendiskusikan unsur intrinsik cerpn yang dibaca.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
·
Buku kumpulan cerpen
·
Media masa.
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
TugasKelompok
laporan
praktik
Bentuk
instrumen:
performansi
uraian
bebas
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Membaca
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi
dan cerpen
Kompetensi Dasar :
7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang
tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen
dengan kehidupan sehari- hari
Indikator :
§ Membacakan
puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan
isi puisi
§ Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal,
tekanan, dan intonasi
§ Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
§ Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
§ Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan
kehidupan sehari-hari
I.
Tujuan Pembalajaran
1) Siswa dapat membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
2) Siswa dapat memperbaiki pembacaan puisi yang
kurang tepat
3) Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan
amanat) cerita pendek yang telah dibaca
4) Siswa dapat mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
dengan kehidupan sehari-hari
II.
Materi Ajar
Puisi
Lafal, Tekanan, Intonasi, jeda
Naskah cerpen
Unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Ceramah, Diskusi.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
puisi dan cerpen.
B. Kegiatan Inti
§ Guru memperdengarkan puisi/cerpen tertentu
§ Guru menugasi seorang siswa membaca puisi
C. Kegiatan Akhir
Siswa menuliskan unsur intrinsik dari puisi/cerpen.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan puisi, Buku kumpalan cerpen, Media masa.
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
· Praktik
· Tugas kelompok
· Tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Performansi
· Format pengamatan
· Uraian bebas
· Pilihan ganda
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan
menulis puisi
Kompetensi Dasar :
8.1 Menulis
puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Indikator :
1) Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair)
berdasarkan bait, irama, dan rima
2)
Membedakan bentuk pantun dan
syair
3)
Menulis pantun/ syair dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
4) Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang
dibuat teman
5) Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait,
irama, dan rima
6) Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima
7)
Menyunting puisi baru yang
dibuat teman
I. Tujuan Pembelejaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi puisi lama
(pantun, syair) dan puisi baru.
§ Siswa dapat membedakan bentuk pantun dan syair
§ Siswa dapat menulis puisi lama dan puisi baru.
§ Siswa dapat menyunting puisi lama dan baru
yang dibuat teman
II. Materi Ajar
§
Contoh
puisi lama
§
Contoh
puisi baru
§ Perbedaan pantun dengan syair
§ Ciri-ciri puisi baru.
III. Metode Pembelajaran
·
Tugas individu
·
Tanya jawab
·
Ceramah
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Absensi
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
puisi lama dan baru.
B. Kegiatan Inti
·
Guru menugaskan seorang siswa
membaca puisi
·
Guru menjelaskan perbedaan
pantun dan syair
·
Guru menjelaskan cirri-ciri
puisi baru.
C. Kegiatan Akhir
§ Siswa mampu mengidentifikasikan puisi lama dan baru
§ Siswa dapat membedakan pantun dan syair.
§ Siswa menyunting puisi lama dan baru yang dibuat oleh teman.
V. Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan puisi lama
Buku kumpulan puisi baru
Media masa.
VI. Penilaian
Jenis Tagihan:
Tugas
Individu
Laporan
Bentuk
Instrumen:
·
Uraian bebas
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : : Mendengarkan
9.
Memahami informasi melalui tuturan
Kompetensi Dasar :
Menyimpulkan
isi informasi yang disampaikan
melalui tuturan langsung
Menyimpulkan
isi informasi yang didengar melalui
tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
Indikator :
- Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
- Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
- Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas
4. Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang
dibacakan
5. Menyampaikan secara lisan isi
informasi secara runtut dan jelas
6. Menyimpulkan isi informasi yang didengar
7. Mengungkapkan kembali isi informasi secara
runtut dan jelas
I.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa dapat menuliskan
pokok-pokok isi informasi
2.
Siswa dapat menyimpulkan isi informasi dengan jelas.
3.
Siswa
dapat mengungkapkan kembali isi informasi secara lisan
II.
Materi Ajar
Membaca cerita
rakyat “Siti Nurbaya”
III. Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi.
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Absensi
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
informasi tentang cerita rakyat yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh
guru.
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menunjuksalah satu siswa
untuk membacakan informasi tentang cerita rakyat “ Siti Nurbaya”
·
Guru memberikan petunjuk
bagaimana cara mencatat pokok-pokok sebuah informasi.
·
Siswa menulis pokok-pokok
informasi yang didengarnya.
·
Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·
Siswa mendiskusikan hail
kerjanya di depan kelas secara lisan.
·
Siswa menyimpulkan hail
diskusi.
·
Guru memberikan ulasan tentang
informasi yang terdapat dalam cerita rakyat “ Siti Nurbaya”
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru menyimpulkan tentang
pokok-pokok sebuah informasi yang baik dan benar.
·
Siswa mampu menyimpulkan isi
informasi secara lisan.
·
Guru mengakhiri pertemuan
dengan mengucapkan salam.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
-
Narasumber/televise/radio
-
Rekaman informasi/teks yang
dibacakan.
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
· pertanyaan lisan
· tugas individu
· Jawaban singkat
Bentuk tagihan:
· mencari iformansi dari media
massa.
· Mencatat informasi dari media
cetak.
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berbicara
10.
Mengungkapkan
komentar terhadap informasi dari berbagai Sumber
Kompetensi Dasar :
10.1 Memberikan
kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
Indikator :
1.
Mendata
informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
2.
Merumuskan pokok persoalan yang
menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang
memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
3.
Memberikan kritik
dengan disertai alasan
4.
Mendata
informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
5.
Merumuskan pokok persoalan yang
menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang
memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
6.
Memberikan persetujuan/
dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan ulasan)
I.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa dapat mengungkapkan
kembali dan memberi kritikan terhadap informasi dari media cetak dan
elektronik.
2.
Siswa dapat mengetahui sabab
dan akibat persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat.
3.
Siswa dapat mengajukan
pertanyaan tantang informasi dari media cetak dan elektronik.
II.
Materi Ajar
Menjelaskan
tentang persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum, misalnya Kenaikan harga
BBM atau berita terorisme.
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam
·
Absensi
·
Appersepsi.
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·
Guru mengadakan Tanya jawab
tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·
Guru membimbing siswa bagaimana
menyikapi informasi itu.
·
Siswa memahami dan mengerti
tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·
Guru memberikan ulasan.
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru menyimpulkan tentang
informasi dari media cetak dan elektronik.
·
Siswa dapat menjelaskan dan
memberikan contoh.
·
Guru mengakhiri pertemuan.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Artikel dari
media cetak
VI.
Penilaian
Jenis
Tagihan:
· praktik
· tugas kelompok
Bentuk
Instrumen:
· Performansi
· format pengamatan
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
memindai
Kompetensi Dasar :
11.1
Merangkum
seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat
dengan membaca memindai
11.2
Merangkum
seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca
memindai
Indikator :
1. Membaca daftar isi buku
2. Mencatat pokok-pokok isi informasi
pada halaman bab tertentu yang dirujuk
3. Merangkum seluruh isi informasi
(yang diperoleh dari halaman bab
tertentu) ke dalam beberapa kalimat
4. Membahas rangkuman yang telah dibuat
5.
Membaca tabel
grafik.
6.
Mengungkapkan
(secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke
dalam beberapa kalimat
7.
Merangkum
isi informasi dari suatu tabel/ grafik
I.
Tujuan Pembalajaran
Pertemuan I
1.
Siswa dapat membaca daftar isi.
2.
Siswa
dapat mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu
3.
Siswa
dapat merangkum seluruh isi informasi yang diperoleh dari halaman bab tertentu.
4. Siswa dapat membahas rangkuman yang
telah dibuat
Pertemuan ke II
1.
Siswa dapat membaca table atau
grafik.
2.
Siswa dapat mengungkapkan
secara lisan /tertulis isi table/grafik yang terdapat dalam beberapa kalimat.
3.
Siswa dapat merangkum isi
informasi dari suatu table/grafik.
II.
Materi Ajar
Buku yang memuat
daftar isi
·
Pokok isi informasi
·
Rangkuman isi buku
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya
jawab, Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Menyiapkan bahan ajar berupa
buku yang memuat daftar isi dan teks / bacaan yang berisi table/grafik.
·
Appersepsi.
B.
Kegiatan Inti
·
Siswa membaca daftar isi dan
teks yang berisi table/grafik.
·
Guru menyuruh siswa
mengungkapkan informasi yang terdapat dalam halaman yang dirujuk dan informasi
pada table/grafik.
·
Guru membimbing siswa merangkum
informasi yang didapat dan menyimpulkan isi table/grafik.
·
Guru memberikan ulasan terhadap
informasi yang didapat melalui daftar isi dan informai dalam tabel / grafik.
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru menyimpulkan cara-cara
mencari informasi berdaftarkan daftar isi dan cara-cara membaca tabel / grafik.
·
Siswa mampu mencari informasi
melalui daftar isi dan membaca tabel / grafik secara tepat.
·
Guru mengakhiri dan mengucap
salam.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Buku yang memuat daftar isi
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
tugas individu
laporan
Bentuk Instrumen:
uraian bebas
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar
Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan
informasi melalui penulisan paragraf dan
teks pidato
Kompetensi Dasar :
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu
pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak
pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf
persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang
tepat
Indikator :
1.
Mendaftar
topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
2.
Menyusun
kerangka paragraf argumentatif
3.
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf argumentatif
4.
Menggunakan
kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu,
dll.)dalam paragraf argumentatif
5.
Menyunting
paragraf argumentatif yang ditulis teman
6.
Mendaftar
topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi
paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
7.
Menyusun
kerangka paragraf persuasif
8.
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun menjadi
paragraf persuasif
9.
Menggunakan
kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf
persuasif
10.
Menyunting
paragraf persuasif yang ditulis teman
11. Menentukan topik
12. Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi
(apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
13. Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
14. Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan
dan tanda baca yang benar
I.
Tujuan Pembalajaran
1. Siswa dapat mendaftar topik-topik pendapat yang
dapat dikembangkan menjadi paragraf
argumentatif dan persuatif
2. Siswa dapat menyusun kerangka paragraf
argumentatif
3. Siswa dapat mengembangkan kerangka yang
telah disusun
4. Siswa dapat menggunakan kata penghubung
antarkalimat
5. Siswa dapat menyunting paragraf
argumentatif yang ditulis teman
6. Siswa dapat menyusun kerangka paragraf
persuasif
7. Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan
kelengkapan isi
8.
Siswa
dapat menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar
III.
Materi Ajar
Contoh paragraf argumentatif
Contoh paragraf
persuasif
IV.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya
jawab, Diskusi, Ceramah.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Absensi
·
Menyiapkan bahan ajar.
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan jenis dan cirri-ciri
paragraph.
·
Guru menjelaskan cirri-ciri
paragraf
·
Mengadakan Tanya jawab mengenai
jenis-jenis kata penghubung.
·
Siswa membuat kerangka karangan
argumentai dan persuatif kedalam sebuah karangan.
·
Siswa menyusun daftar
pertanyaan untuk wawancara.
·
Siswa melakukan wawancara dan
menuliskan hasilnya dalam bentuk paragraf.
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru menyimpulkan jenis dan
cirri-ciri paragraf.
·
Siswa mampu menulis paragraf
·
Guru mengakhiri pertemuan.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku Argumentasi dan Narasi.
- Buku penunjang lainnya.
VI.
Penilaian
Jenis tagihan
- Tugas
individu
Bentuk tagihan.
-
Membuat paragraf Argumentasi.
-
Melakukan kegiatan wawancara
dan melaporkan hasilnya.
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi
: Mendengarkan
13. Memahami
cerita rakyat yang dituturkan
Kompetensi Dasar :
13.1 Menemukan
hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang
disampaikan
secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang
disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
Indikator :
1. Mengidentifikasi karakteristik cerita
rakyat yang didengarkan
2. Menentukan tema dan amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
3. Menemukan hal-hal yang menarik tentang
tokoh cerita rakyat
4. Membandingkan nilai-nilai dalam cerita
rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
5. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam
bentuk sinopsis
6. Mengungkapkan kembali isi cerita secara
lisan.
7. Mengidentifikasi karakteristik cerita
rakyat yang didengarkan
8. Menentukan isi dan atau amanat yang
terdapat di dalam cerita rakyat
9. Menemukan hal-hal yang menarik tentang
latar cerita rakyat
10. Membandingkan nilai-nilai dalam cerita
rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
11. Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam
bentuk sinopsis
I.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa
dapat mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
2.
Siswa
dapat menentukan tema yang terdapat di dalam cerita rakyat
3. Siswa dapat menemukan
hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat.
4. Siswa dapat mengungkapkan kembali isi
cerita secara lisan.
5. Siswa dapat menemukan hal-hal yang menarik
tentang latar cerita rakyat
6. Siswa dapat membandingkan nilai-nilai
dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat
yang efektif.
7.
Siswa
dapat membuat sipnosis dari cerita rakyat
II.
Materi Ajar
-
Rekaman
cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung.
-
Cara-cara
membuat sipnosis.
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya
Jawab, ceramah, Diskusi.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Absensi
·
Menyiapkan bahan ajar rekaman
cerita rakyat dan Cara-cara
membuat sipnosis.
B.
Kegiatan Inti
·
Guru memperdengarkan cerita
rakyat melalui Tape.
·
Guru menanyakan tokoh yang ada
pada cerita rakyat tersebut.
·
Guru Menanyakan tema dan amanat
cerita rakyat
·
Guru menjelaskan
langkah-langkah membuat synopsis.
·
Siswa mengungkapkan kembali isi
cerita secara lisan.
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru menyimpulkan nilai-nilai
yang terdapat pada cerita rakyat.
·
Siswa membuat synopsis cerita
rakyat.
·
Guru megakhiri pertemuan.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Rekaman cerita rakyat,tuturan cerita kakyat.
VI.
Penilaian
Jenis tagihan.
-
Tugas individu
-
Uraian bebas.
Bentu tagihan.
-
Membuat Sipnosis
-
Menceritakan kembali isi
cerita.
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 6 x 45 menit.
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi
melalui diskusi
Kompetensi Dasar :
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan,
pikiran,
dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas
alam, sosial budaya, dan masyarakat
melalui
diskusi
Indikator :
1. Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan,
perasaan, pikiran, dan imajinasi)
2.
Mendiskusikan maksud/ makna puisi
3. Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan
realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi
dengan masyarakat)
I.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa
dapat mendiskusikan isi puisi (gambaran, penginderaan, perasaan, pikiran, dan
imajinasi)
2.
Siswa dapat memahami maksud/
makna puisi
3.
Siswa
dapat menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan
sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat.
II.
Materi Ajar
Puisi.
III.
Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya
Jawab, Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Absensi
·
Menyiapkan bahan ajar karya
sastra Melayu klasik
B.
Kegiatan Inti
·
Membaca puisi.
·
Menanyakan tema dari puisi
tersebut kepada siswa.
·
Guru memberikan contoh hubungan
puisi dengan realita alam.
C.
Kegiatan Akhir.
·
Guru mengambil kesimpulan dari
hasil diskusi.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku kumpulan
puisi
- Buku panduan
yang terkait
VI.
Penilaian
Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik
Kompetensi Dasar :
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu
klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra
Melayu klasik
Indikator :
1.
Mengidentifikasi karakteristik
karya sastra Melayu klasik
2.
Mengidentifikasi karakteristik
karya sastra Melayu klasik
3.
Menuliskan
secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam
beberapa paragraf
4.
Menemukan
nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
5.
Membandingkan
nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasi
karakteristik karya sastra Melayu klasik
2.
Siswa dapat mengidentifikasi
karakteristik karya sastra Melayu klasik
3. Siswa dapat menuliskan secara ringkas isi
karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
4. Siswa dapat menemukan nilai-nilai dalam
karya sastra Melayu Klasik
5. Siswa dapat membandingkan nilai-nilai
dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
II.
Materi Ajar
Karya sastra
Melayu klasik
· Ciri-ciri karya sastra Melayu klasik
· Unsur-unsur karya sastra Melayu klasik
(tema, alur, latar, penokohan, amanat)
·
Ringkasan isi karya sastra
Melayu klasik
Naskah sastra
Melayu klasik
·
Nilai-nilai
(budaya, moral, agama)
III.
Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya
jawab, Ceramah.
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Menyiapkan bahan ajar karya
sastra Melayu klasik
·
Appersepsi
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan tentang sastra
melay klasik.
·
Guru mengadakan Tanya jawab
mengenai karya sastra Melayu klasik.
·
Guru menyuruh siswa membaca
salah satu karya sastra Melayu klasik
·
Guru membentuk kelompok siswa,
untuk mendiskusikan unsur intrinsic dalam karya sastra Melayu klasik
·
Siswa dapat menuliskan unsur
intrinsic serta membandingkan nilainya dengan nilai masa kini.
C.
Kegiatan Akhir
·
Guru menyimpulkan tentang
unsure dan nilai yang terdapat dalam karya sastra Melayu klasik
·
Siswa mengetahui (membaca)
salah satu karya sastra Melayu klasik
·
Guru mengakhiri dan mengucapkan
salam.
V.
Alat/Sumber Pembelajaran
Karya sastra
Melayu klasik
VI.
Penilaian
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· Laporan
Bentuk tagihan
· uraian bebas
· pilihan ganda
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu : 8 x 45 menit.
Standar Kompetensi : Menulis
16.
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke
dalam cerpen
Kompetensi Dasar :
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
Indikator :
1. Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan
diri sendiri untuk menulis cerita pendek
2. Menulis kerangka cerita pendek dengan
memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
3. Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar,
konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
4. Menentukan topik yang berhubungan dengan
pengalaman orang lain untuk menulis
cerita pendek
5. Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar
6. Mengembangkan kerangka yang telah dibuat
dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan
pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
II.
Tujuan Pembalajaran
1.
Siswa dapat menulis cerpen yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri.
2. Siswa dapat menulis cerpen
dengan kronologi waktu dan peristiwa
3.
Siswa dapat menyampaikan
kembali isi cerpen yang ditulisnya.
4.
Siswa dapat memberikan
tanggapan tentang isi cerpen.
III.
Materi Ajar
-
Contoh
cerpen, menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
-
Cerpen
berdasarkan pengalaman orang lain.
IV.
Metode Pembelajaran
Membaca,
Memahami, dan menyimpulkan dengan bimbingan guru.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
·
Mengucap salam.
·
Absensi
·
Appersepsi.
B.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan tentang cerpen
dan memberikan contoh cerpen.
·
Guru mengadakan Tanya jawab
tentang cerpen.
·
Guru membimbing siswa bagaimana
membat cerpen.
·
Siswa mengetahui bagaimana cara
membuat cerpen.
C.
Kegiatan Akhir
·
Guru menyimpulkan unsur-unsur
cerpen.
VI.
Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan
cerpen.
VII.
Penilaian
Jenis tagihan.
·
Tugas kelompok
Bentuk tagihan.
·
Uraian bebas.
Padangratu,
……………….2007
Mengetahui Kepala
MAN Padangratu Guru
Mata Pelajaran
Drs. Moch. Yamin, S.Pd (………………………………)
NIP. 150198480 NIP…………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar