Selasa, 25 September 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia.
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Mendengarkan (1.) Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi Dasar       :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 
Indikator                     :
1)      Menuliskan isi siaran radio/televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
2)      Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
3)      Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

 I.      Tujuan Pembalajaran
Siswa dapat menuliskan kembali isi siaran radio / televisi.
Siswa dapat menyampaikan kembali secara lisan isi berita yang telah ditulis.
Siswa dapat mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan berita yang di dengar.
II.      Materi Ajar
Banjir Lumpur PT Lapindo
Bencana alam gempa dan tsunami.

III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Do’a
·         Presensi
·         Apresepsi
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang terjadinya bencana alam
·         Guru mengadakan Tanya jawab tentang terjadinya bencana alam
·         Guru membimbing siswa sebagaimana cara menanggulangi bencana alam.
·         Siswa mampu / mengetahui tentang bencana alam.
·         Guru memberikan ulasan tentang bencana alam.
C.     Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan bahwa terjadinya bencana alam akibat ulah manusia
Siswa dapat memberi contoh atau gambaran tentang bencana alam.
Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam.

V.      Alat/Sumber Pembelajaran
Radio, Tape, Televisi, atau rekaman.
VI.      Penilaian

Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
ulangan


Bentuk Instrumen:
performansi
 format pengamatan
uraian bebas
pilihan ganda
isian singkat


Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar       :
 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2  Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 
2.3  Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

Indikator                     :
1)      Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
2)      Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat
3)      Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
4)      Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas
5)      Mencatat masalah dari berbagai sumber
6)      Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
7)      Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan
8)      Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya
9)      Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
10)   Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman

             I.      Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapt mengucapkan kalimat perkenalan dengan lancar
2.      Siswa dapt menggunakan diksi yang tepat
3.      Siswa dapat menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat.
4.      Siswa dapat memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas
5.      Siswa dapt mencatat masalah dari berbagai sumber bacaan
6.      Siswa dapat menanggapi masalah dalam sumber bacaan.
7.      Siswa dapat mengajukan saran dan pemecahan masalah
8.      Siswa dapat mendaftar kata-kata sulit
9.      Siswa dapat menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi.
10.    Siswa dapat menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman

          II.      Materi Ajar
1)      Dialog berisi kalimat perkenalan di dalam forum resmi.
2)      Teks bacaan.
3)      Teks berupa dialog mengenai pengalaman pribadi.

       III.      Metode Pembelajaran
·         Penugasan
·         Tanya jawab
·         Ceramah.

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A.  Kegiatan Awal
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan bahan ajar berupa kalimat perkenalan dalam forum resmi.
·         Apresepsi
B.     Kegiatan Inti
Guru menyuruh beberapa siswa untuk memerankan dialog yang berisi kalimat perkenalan di dalam forum resmi.
Guru menjelaskan hal-hal yang harus diungkapkan dalam perkenalan di situasi resmi.
Guru menyuruh siswa (kelompok) membuat diaolog dalam situasi resmi.
C.     Kegiatan Akhir
Siswa mampu membedakan kata-kata yang digunakan di dalam situasi resmi dan tidak dalam situasi resmi.
Siswa mampu melakukan perkenalan dalam situasi resmi.

Pertemuan ke 2

A.  Kegiatan Awal
·         Mengucapkan salam
·         Apresepsi
·         Menyiapkan bahan ajar teks bacaan dan teks mengenai pengalaman pribadi.
B.  Kegiatan Inti
Guru menjelaskan mengenai teks yang ada.
Guru  mentgadakan Tanya jawab mengenai masalah-masalah yang terdapat teks bacaan.
Siswa mampu menanggapi masalah-masalah yang terdapat teks bacaan.
Siswa mampu mengungkap pengalaman paribadinya masing-masing.

C.  Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan tentang pokok-pokok yang terdapat dalam teks.
Siswa dapat mengungkapkan masalah yang terdapat dalam teks dan pengalaman pribadinya masing-masing.
Guru mengakhiri dan mengucap salam.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
·         Buku teks yang terkait
·         Media cetak
·         Tuturan langsung
·         Media masa (Koran, majalah)
·         Buku cerita lucu
·         Pengalaman langsung.


       VI.      Penilaian
Tugas kelompok
Tugas individu

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Membaca
3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompetensi Dasar       :
3.1  Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
 3.2  Mengidentifikasi ide pokok teks  nonsastra dari berbagai  sumber melalui teknik  membaca
        ekstensif

Indikator                     :
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
Menemukan ide pokok
paragraf dalam teks
Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut
Mengidentifikasi ide     
pokok tiap paragraf
Membaca kembali ringkasan isi bacaan.
Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 

             I.      Tujuan Pembalajaran
1)      Siswa dapat membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
2)      Siswa dapat menemukan ide pokok paragraf dalam teks
3)      Siswa dapat membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut
4)      Siswa dapat mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
5)      Siswa dapat membaca kembali ringkasan isi bacaan.
6)      Siswa dapat mengidentifikasi  fakta dan pendapat

          II.      Materi Ajar
Membaca bacaan yang berjudul ”Perlunya Hijau dan Lubang Tipuan”.
       III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi.

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Presensi siswa
·         Menyiapkan bahan ajar berupa sebuah wacana.
B.  Kegiatan Inti
Guru menjelaskan bagaimana cara membaca cepat sebuah teks.
C.  Kegiatan Akhir
       Siswa mampu membaca cepat teks bacaan dan mengidentifikasi ide pokok peragraf.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
Buku Penunjang

       VI.      Penilaian
Tugas individu

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi           : Menulis
                                      4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk
      paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

Kompetensi Dasar       :
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  
 4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf 
       ekspositif 

Indikator                     :
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
Menggunakan kata penghubung dalam paragraf naratif
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif  
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman

             I.      Tujuan Pembalajaran
1)      Siswa dapat mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif berdasarkan hasil pengamatan
2)      Siswa dapat menyusun kerangka paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif
3)      Siswa dapat mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif. 
4)      Siswa dapat menyunting paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif  yang ditulis  teman
5)      Siswa dapat menggunakan kata penghubung dalam paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.

          II.      Materi Ajar
·         Contoh paragraf naratif
·         Contoh paragraf deskriptif
·         Contoh paragraf ekspasitif
·         Pola pengembangan paragraf narasi, deskriptif dan ekspositif (urutan waktu)
·         Penggunaan kata penghubng dalam paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.

       III.      Metode Pembelajaran
Penugasan
Tanya jawab
Ceramah.

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A   Kegiatan Awal
·         Mengucap salam
·         Menyiapkan bahan ajar berupa contoh karangan naratif, deskriptif dan ekspositif.
B.  Kegiatan Inti
·         Guru menugasi seorang siswa untuk membacakan contoh paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
·         Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan karangan naratif, dekritif dan ekspositif.
·         Guru menugasi siswa membuat paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
C.  Kegiatan Akhir
Siswa mampu mendaftar paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
Siswa mampu membuat paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.
Siswa mampu menyunting paragraf naratif, deskriptif dan ekspositif.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
·         Argumentasi dan narasi oleh Gorys keraf
·         Eksposisi dan deskripsi oleh Gorys Keraf
·         Buku yang terkait dengan materi

       VI.      Penilaian
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Praktik
Ulangan.
Bentuk instrumen:
Uraian bebas

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung
Kompetensi Dasar       :
§  Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  
§  Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman
Indikator                     :
o   Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
o   Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
o   Menyebutkan  tema puisi yang didengar
o   Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
o   Menjelaskan maksud puisi
o   Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

I.       Tujuan Pembalajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
§  Siswa dapat mengetahui tema puisi yang didengar
§  Siswa dapat menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
§  Siswa dapat menjelaskan maksud puisi
§  Siswa dapat mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

II.      Materi Ajar
1.  Rekaman  puisi
·     majas,
·     irama
·       kata-kata konotasi
·      Kata-kata bermakna lambing
2.   Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
Jenis puisi
Tema
Maksud puisi

III. Metode Pembelajaran
·         Penugasan
·         Tanya jawab
·         Ceramah.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Menyiapkan bahan ajar yang berupa rekaman puisi tertentu
B.  Kegiatan Inti
·         Guru memperdengarkan puisi yang telah dipersiapkan.
·         Guru menugasi salah seorang siswa untuk membacakan puisi tertentu.
C.  Kegiatan Akhir
Guru mengungkapkan maksud puisi dengan kata-kata sendiri
Siswa menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan.

V.    Alat/Sumber Pembelajaran
Rekaman puisi
Puisi yang dibacakan.

VI. Penilaian
            Tugas kelompok
Laporan
Bentuk instrument
Uraian bebas
Pilihan ganda.


Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonsia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi
Kompetensi Dasar       :
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 
 6.2  Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi  

Indikator                     :
§  Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
§  Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
§  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
§  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
§  Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
§  Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

             I.      Tujuan Pembalajaran
1)      Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
2)      Siswa dapat mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
3)      Siswa dapat menemukan nilai-nilai dalam cerpen
4)      Siswa dapat membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
          II.      Materi Ajar

Naskah cerita pendek
·         Isi cerpen
·         Hal yang menarik
·         Unsur-unsur intrinsik
·         Nilai budaya, moral, agama, politik

       III.      Metode Pembelajaran

·         Penugasan
·         Ceramah
·         Diskusi

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
·         Mengucap salam
·         Menyiapkan bahan ajar berupa naskah cerita pendek.
B.  Kegiatan Inti
Guru membacakan naskah cerita pendek
Guru menjelaskan isi cerpen
Guru menjelaskan hal-hal menarik, unsur intrinsik cerpen
Guru menjelaskan nilai moral, Agama, politik cerpen.
C.  Kegiatan Akhir
Siswa menceritakan kembali isi cerpen yang di baca kata-kata sendiri
Siswa mendiskusikan unsur intrinsik cerpn yang dibaca.
          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
·         Buku kumpulan cerpen
·         Media masa.
       VI.      Penilaian

Jenis Tagihan:
TugasKelompok
laporan
praktik
Bentuk instrumen:
performansi
uraian bebas

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Membaca
7.       Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
Kompetensi Dasar       :
7.1 Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari- hari
Indikator                    :
§  Membacakan  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
§  Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
§  Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
§  Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
§  Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

             I.      Tujuan Pembalajaran
1)      Siswa dapat membacakan  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
2)      Siswa dapat memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
3)      Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
4)      Siswa dapat mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

          II.      Materi Ajar
Puisi
Lafal, Tekanan, Intonasi, jeda
Naskah cerpen
Unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
       III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Ceramah, Diskusi.
       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
·         Mengucap salam
·         Menyiapkan bahan ajar berupa puisi dan cerpen.
B.  Kegiatan Inti
§  Guru memperdengarkan puisi/cerpen tertentu
§  Guru menugasi seorang siswa membaca puisi
C.  Kegiatan Akhir
Siswa menuliskan unsur intrinsik dari puisi/cerpen.
          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan puisi, Buku kumpalan cerpen, Media masa.
       VI.      Penilaian

Jenis Tagihan:
·     Praktik
·     Tugas kelompok
·     Tugas individu


Bentuk Instrumen:
·     Performansi
·     Format pengamatan
·     Uraian bebas
·     Pilihan ganda

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1 (Satu)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Menulis
                                      8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan  
                                          menulis  puisi
Kompetensi Dasar       :
8.1      Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
 8.2   Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Indikator                    :
1)      Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
2)      Membedakan bentuk pantun dan syair
3)      Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
4)      Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
5)      Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
6)      Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
7)      Menyunting puisi baru yang dibuat teman

I.       Tujuan Pembelejaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) dan puisi baru.
§  Siswa dapat membedakan bentuk pantun dan syair
§  Siswa dapat menulis puisi lama dan puisi baru.
§  Siswa dapat menyunting puisi lama dan baru yang dibuat teman
II.    Materi Ajar

§  Contoh puisi lama
§  Contoh puisi baru
§  Perbedaan pantun dengan syair
§  Ciri-ciri puisi baru.

III. Metode Pembelajaran
·         Tugas individu
·         Tanya jawab
·         Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
·         Mengucap salam
·         Absensi
·         Menyiapkan bahan ajar berupa puisi lama dan baru.
B.  Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan seorang siswa membaca puisi
·         Guru menjelaskan perbedaan pantun dan syair
·         Guru menjelaskan cirri-ciri puisi baru.
C.  Kegiatan Akhir
§  Siswa mampu mengidentifikasikan puisi lama dan baru
§  Siswa dapat membedakan pantun dan syair.
§  Siswa menyunting puisi lama dan baru yang dibuat oleh teman.
V.    Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan puisi lama
Buku kumpulan puisi baru
Media masa.
VI. Penilaian

Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Laporan
Bentuk Instrumen:
·     Uraian bebas

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi   : : Mendengarkan
9.      Memahami  informasi melalui tuturan                                                                                                                                        
Kompetensi Dasar       :
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  

Indikator                    :
  1. Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung
  2. Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  3. Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
4.      Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
5.      Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
6.      Menyimpulkan isi informasi yang didengar
7.      Mengungkapkan kembali isi informasi secara runtut dan jelas

     I.      Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapat menuliskan pokok-pokok isi  informasi
2.      Siswa dapat menyimpulkan  isi informasi dengan jelas.
3.      Siswa dapat mengungkapkan kembali isi informasi secara lisan

  II.      Materi Ajar
Membaca cerita rakyat “Siti Nurbaya”

III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi.

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.     Kegiatan Awal
·             Mengucap salam
·             Absensi
·             Menyiapkan bahan ajar berupa informasi tentang cerita rakyat yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menunjuksalah satu siswa untuk membacakan informasi tentang cerita rakyat “ Siti Nurbaya”
·         Guru memberikan petunjuk bagaimana cara mencatat pokok-pokok sebuah informasi.
·         Siswa menulis pokok-pokok informasi yang didengarnya.
·         Siswa mengumpulkan hasil kerja.
·         Siswa mendiskusikan hail kerjanya di depan kelas secara lisan.
·         Siswa menyimpulkan hail diskusi.
·         Guru memberikan ulasan tentang informasi yang terdapat dalam cerita rakyat “ Siti Nurbaya”
C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru menyimpulkan tentang pokok-pokok sebuah informasi yang baik dan benar.
·         Siswa mampu menyimpulkan isi informasi secara lisan.
·         Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.

              V.      Alat/Sumber Pembelajaran
-          Narasumber/televise/radio
-          Rekaman informasi/teks yang dibacakan.



           VI.      Penilaian

Jenis Tagihan:
·     pertanyaan lisan
·     tugas individu
·     Jawaban singkat
Bentuk tagihan:
·     mencari iformansi dari media massa.
·     Mencatat informasi dari media cetak.

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Berbicara
10.        Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai Sumber  
Kompetensi Dasar       :
10.1      Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 
10.2      Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam   media cetak dan atau elektronik    

Indikator                     :
1.      Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
2.      Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
3.      Memberikan  kritik  dengan disertai alasan
4.      Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
5.      Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
6.      Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan ulasan)

               I.                Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapat mengungkapkan kembali dan memberi kritikan terhadap informasi dari media cetak dan elektronik.
2.      Siswa dapat mengetahui sabab dan akibat persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat.
3.      Siswa dapat mengajukan pertanyaan tantang informasi dari media cetak dan elektronik.

            II.                Materi Ajar
        Menjelaskan tentang persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum, misalnya Kenaikan harga BBM atau berita terorisme.

         III.                Metode Pembelajaran
        Ceramah, Pemberian tugas.

         IV.                Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam
·         Absensi
·         Appersepsi.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang  informasi dari media cetak dan elektronik.
·         Guru mengadakan Tanya jawab tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·         Guru membimbing siswa bagaimana menyikapi informasi itu.
·         Siswa memahami dan mengerti tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·         Guru memberikan ulasan.

C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru menyimpulkan tentang informasi dari media cetak dan elektronik.
·         Siswa dapat menjelaskan dan memberikan contoh.
·         Guru mengakhiri pertemuan.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
Artikel dari media cetak

       VI.      Penilaian
Jenis Tagihan:
·     praktik
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·     Performansi
·     format pengamatan


Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                     Kepala MAN Padangratu                               Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi   : Membaca
                               11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
                                      memindai
Kompetensi Dasar       :
11.1  Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai  
11.2  Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   
Indikator                     :                                                                      
1.      Membaca daftar isi buku
2.      Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk
3.      Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
4.      Membahas rangkuman yang telah dibuat
5.      Membaca tabel grafik.
6.      Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
7.      Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik

             I.      Tujuan Pembalajaran
   Pertemuan I
1.      Siswa dapat membaca daftar isi.
2.      Siswa dapat mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu 
3.      Siswa dapat merangkum seluruh isi informasi yang diperoleh dari  halaman bab tertentu.
4.      Siswa dapat membahas rangkuman yang telah dibuat

            Pertemuan ke II
1.      Siswa dapat membaca table atau grafik.
2.      Siswa dapat mengungkapkan secara lisan /tertulis isi table/grafik yang terdapat dalam beberapa kalimat.
3.      Siswa dapat merangkum isi informasi dari suatu table/grafik.

          II.      Materi Ajar
Buku yang memuat daftar isi
·             Pokok isi informasi
·             Rangkuman isi buku

       III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya jawab, Ceramah.

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Menyiapkan bahan ajar berupa buku yang memuat daftar isi dan teks / bacaan yang berisi table/grafik.
·         Appersepsi.
B.     Kegiatan Inti
·         Siswa membaca daftar isi dan teks yang berisi table/grafik.
·         Guru menyuruh siswa mengungkapkan informasi yang terdapat dalam halaman yang dirujuk dan informasi pada table/grafik.
·         Guru membimbing siswa merangkum informasi yang didapat dan menyimpulkan isi table/grafik.
·         Guru memberikan ulasan terhadap informasi yang didapat melalui daftar isi dan informai dalam tabel / grafik.
C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru menyimpulkan cara-cara mencari informasi berdaftarkan daftar isi dan cara-cara membaca tabel / grafik.
·         Siswa mampu mencari informasi melalui daftar isi dan membaca tabel / grafik secara tepat.
·         Guru mengakhiri dan mengucap salam.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
Buku yang memuat daftar isi

       VI.      Penilaian
Jenis Tagihan:
tugas individu
laporan
Bentuk Instrumen:
uraian bebas

Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi           : Menulis   
                                     12. Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan
                                           teks pidato 
Kompetensi Dasar       :
12.1     Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2     Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif
12.3     Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat

Indikator                     :
1.      Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif
2.      Menyusun kerangka paragraf argumentatif
3.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif  
4.      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif
5.      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman
6.      Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
7.      Menyusun kerangka paragraf persuasif
8.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
9.      Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
10.  Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman
11.  Menentukan topik
12.  Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
13.  Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
14.  Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar




                 I.      Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapat mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif dan persuatif
2.      Siswa dapat menyusun kerangka paragraf argumentatif
3.      Siswa dapat mengembangkan kerangka yang telah disusun
4.      Siswa dapat menggunakan kata penghubung antarkalimat
5.      Siswa dapat menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman
6.      Siswa dapat menyusun kerangka paragraf persuasif
7.      Siswa dapat menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi
8.      Siswa dapat menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

       III.      Materi Ajar
Contoh paragraf argumentatif
Contoh paragraf persuasif

       IV.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya jawab, Diskusi, Ceramah.

          V.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Absensi
·         Menyiapkan bahan ajar.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan jenis dan cirri-ciri paragraph.
·         Guru menjelaskan cirri-ciri paragraf
·         Mengadakan Tanya jawab mengenai jenis-jenis kata penghubung.
·         Siswa membuat kerangka karangan argumentai dan persuatif kedalam sebuah karangan.
·         Siswa menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
·         Siswa melakukan wawancara dan menuliskan hasilnya dalam bentuk paragraf.
C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru menyimpulkan jenis dan cirri-ciri paragraf.
·         Siswa mampu menulis paragraf
·         Guru mengakhiri pertemuan.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
         - Buku Argumentasi dan Narasi.
         - Buku penunjang lainnya.

       VI.      Penilaian
Jenis tagihan
-  Tugas individu

Bentuk tagihan.
-          Membuat paragraf Argumentasi.
-          Melakukan kegiatan wawancara dan melaporkan hasilnya.


Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             :
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                              13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
Kompetensi Dasar       :
13.1     Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang
            disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2     Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang
            disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 

Indikator                     :
1.      Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
2.      Menentukan tema dan  amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
3.      Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
4.      Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
5.      Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
6.      Mengungkapkan kembali isi cerita secara lisan.
7.      Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
8.      Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
9.      Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
10.  Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
11.  Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

             I.      Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
2.      Siswa dapat menentukan tema yang terdapat di dalam cerita rakyat
3.      Siswa dapat menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat.
4.      Siswa dapat mengungkapkan kembali isi cerita secara lisan.
5.      Siswa dapat menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
6.      Siswa dapat membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
7.      Siswa dapat membuat sipnosis dari cerita rakyat

          II.      Materi Ajar
-          Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung.
-          Cara-cara membuat sipnosis.

       III.      Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, ceramah, Diskusi.

       IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Absensi
·         Menyiapkan bahan ajar rekaman cerita rakyat dan Cara-cara membuat sipnosis.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru memperdengarkan cerita rakyat melalui Tape.
·         Guru menanyakan tokoh yang ada pada cerita rakyat tersebut.
·         Guru Menanyakan tema dan amanat cerita rakyat
·         Guru menjelaskan langkah-langkah membuat synopsis.
·         Siswa mengungkapkan kembali isi cerita secara lisan.
C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru menyimpulkan nilai-nilai yang terdapat pada cerita rakyat.
·         Siswa membuat synopsis cerita rakyat.
·         Guru megakhiri pertemuan.

          V.      Alat/Sumber Pembelajaran
   Rekaman cerita rakyat,tuturan cerita kakyat.

       VI.      Penilaian
Jenis tagihan.
-          Tugas individu
-          Uraian bebas.
                       
                  Bentu tagihan.
-          Membuat Sipnosis
-          Menceritakan kembali isi cerita.
Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran


Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 6 x 45 menit.
Standar Kompetensi  : Berbicara
                                      14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

Kompetensi Dasar       :
14.1      Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan,
    pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi
14.2      Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat
melalui  diskusi 
Indikator                     :
1.      Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
2.      Mendiskusikan  maksud/ makna puisi
3.      Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)

                 I.      Tujuan Pembalajaran

1.      Siswa dapat mendiskusikan isi puisi (gambaran, penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
2.      Siswa dapat memahami maksud/ makna puisi
3.      Siswa dapat menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat.

              II.      Materi Ajar
Puisi.

           III.      Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah.

           IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Absensi
·         Menyiapkan bahan ajar karya sastra Melayu klasik
B.     Kegiatan Inti
·         Membaca puisi.
·         Menanyakan tema dari puisi tersebut kepada siswa.
·         Guru memberikan contoh hubungan puisi dengan realita alam.
C.     Kegiatan Akhir.
·         Guru mengambil kesimpulan dari hasil diskusi.

              V.      Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku kumpulan puisi
- Buku panduan yang terkait

           VI.      Penilaian
Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Tugas individu


Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi  : Membaca
                                        15. Memahami sastra Melayu klasik 
Kompetensi Dasar       :
15.1     Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu
klasik
15.2     Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik

Indikator                     :
1.      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
2.      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
3.      Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
4.      Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
5.      Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

I.                   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
2.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
3.      Siswa dapat menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
4.      Siswa dapat menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
5.      Siswa dapat membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

II.                Materi Ajar
Karya sastra Melayu klasik
·     Ciri-ciri karya sastra Melayu klasik
·     Unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)
·     Ringkasan isi karya sastra Melayu klasik

Naskah sastra Melayu klasik
·     Nilai-nilai (budaya, moral, agama)
III.             Metode Pembelajaran
Penugasan, Tanya jawab, Ceramah.

IV.             Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Menyiapkan bahan ajar karya sastra Melayu klasik
·         Appersepsi
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang sastra melay klasik.
·         Guru mengadakan Tanya jawab mengenai karya sastra Melayu klasik.
·         Guru menyuruh siswa membaca salah satu karya sastra Melayu klasik
·         Guru membentuk kelompok siswa, untuk mendiskusikan unsur intrinsic dalam karya sastra Melayu klasik
·         Siswa dapat menuliskan unsur intrinsic serta membandingkan nilainya dengan nilai masa kini.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan tentang unsure dan nilai yang terdapat dalam karya sastra Melayu klasik
·         Siswa mengetahui (membaca) salah satu karya sastra Melayu klasik
·         Guru mengakhiri dan mengucapkan salam.

V.                Alat/Sumber Pembelajaran
Karya sastra Melayu klasik

VI.             Penilaian
Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     Laporan

Bentuk tagihan
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ 2 (Dua)
Pertemuan ke              :
Alokasi waktu             : 8 x 45 menit.
Standar Kompetensi  : Menulis
                                  16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke
   dalam  cerpen

Kompetensi Dasar       :
16.1  Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, 
     peristiwa, latar)
16.2  Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku,
      peristiwa, latar)

Indikator                     :
1.      Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
2.      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
3.      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
4.      Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
5.      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar
6.      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan

II.                Tujuan Pembalajaran
1.      Siswa dapat menulis cerpen yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri.
2.      Siswa dapat menulis cerpen dengan kronologi waktu dan peristiwa
3.      Siswa dapat menyampaikan kembali isi cerpen yang ditulisnya.
4.      Siswa dapat memberikan tanggapan tentang isi cerpen.

III.             Materi Ajar
-          Contoh cerpen, menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
-          Cerpen berdasarkan pengalaman orang lain.

IV.             Metode Pembelajaran
Membaca, Memahami, dan menyimpulkan dengan bimbingan guru.

V.                Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
·         Mengucap salam.
·         Absensi
·         Appersepsi.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang cerpen dan memberikan contoh cerpen.
·         Guru mengadakan Tanya jawab tentang cerpen.
·         Guru membimbing siswa bagaimana membat cerpen.
·         Siswa mengetahui bagaimana cara membuat cerpen.
C.     Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan unsur-unsur cerpen.
 
VI.             Alat/Sumber Pembelajaran
Buku kumpulan cerpen.

VII.          Penilaian
Jenis tagihan.
·         Tugas kelompok

Bentuk tagihan.
·         Uraian bebas.



Padangratu, ……………….2007
Mengetahui                                                                                                                 Kepala MAN Padangratu                                    Guru Mata Pelajaran



Drs. Moch. Yamin, S.Pd                               (………………………………)
NIP. 150198480                                             NIP…………………………..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar